TEKNIK INFORMATIKA

Beranda » BERITA » Membuat Karya Tulis SKRIPSI

Membuat Karya Tulis SKRIPSI

Sekretariat

022 594 3106
Pagi : 09am - 05pm
Malam : 05pm - 10pm

Sebelum memulai membuat sebuah karya tulis, ada baiknya seorang siswa atau mahasiswa melihat terlebih dahulu contoh karya tulis. Bukan untuk dicontek, melainkan untuk melihat gambaran apa saja yang harus dikerjakan dalam penyususnan atau penulisan karya ilmiah.

Penelitain yang fresh memang lebih memiliki manfaat dan kepuasan tersendiri bagi penulisnya dan masyarakat luas, namun tingkat kesukarannya pun tentulah sangat tinggi. Berbeda dengan penulisan yang sebelumnya sudah memiliki contoh karya tulisnya. Selain pengerjaannya lebih mudah, penelitian pun akan lebih berkembang karena si penyusun tentu akan menambahkan penelitian yang belum dilakukan pada contoh karya tulis yang diajadikannya referensi.

Penulisan karya tulis ilmiah dengan berdasar kepada contoh karya tulis ilmiah yang sudah ada, biasanya akan lebih sempurna karena memiliki kecenderungan untuk salah yang sangat minimal. Namun, dalam hal ini, bukan berarti si peneliti bisa asal-asalan dalam menuliskan penelitiannya.

Peneliti tentu tidak mau menanggung malu jika penelitian yang dilakukannya menghasilkan karya tulis yang setara dengan contoh karya tulis yang pernah dibuat, apalagi jika hasil penelitiannyaitu justru tidak lebih baik dari contoh karya tulisyang sudah ada.

Berdasarkan gambaran tersebut, bagi Anda para peneliti baru yang hendak melakukan penulisan karya ilmiah, ada baiknya memiliki sebuah contoh karya tulis dan memerhatikan standard penulisan karya ilmiah guna mendapatkan hasil penelitian yang sempurna dan sangat memuaskan.

Standard bagaimana maksudnya? Begini, dalam menulis karya tulis ilmiah, para peneliti diwajibkan untuk memerhatikan standard penulisan yang berlaku. Lihat contoh karya tulis yang sudah Anda miliki. apakah penulisannya bebas seperti saat Anda membuat prosa atau surat? Tidak, bukan? ya, dalam menulis karya tulis, baik itu beupa makalah, tugas akhir maupun sekripsi haruslah mengikuti standard yang telah ditentukan.

Untuk melihat bagaimana standard penulisan karya tulis, coba Anda perhatikan hierarki atau susunan penulisan tiap bab dan subbab yang terdapat pada contoh karya tulis yang Anda miliki. Susunannya berbeda, bukan. Nah, untuk memudahkan Anda membuat sebuah karya tulis yang sempurna, berikut penulis hadirkan standard penulisan skripsi yang baik agar menghasilkan penelitian yang sempurna dan jauh lebih baik dari contoh karya tulis yang pernah Anda baca..

Contoh karya tulis yang penulis gunakan dalam artikel ini adalah standard penulisan skripsi. Skripsi adalah salah satu contoh karya tulis ilmiah yang ditulis mahasiswa program S1, sebagai syarat kelulusan. Penulisan skripsi tidak dikerjakan secara borongan, pada umumnya dilakukan setahap demi setahap. Dimulai dari perencanaan sampai pada penulisan akhir.

Pengerjaan skripsi yang dilakukan setahap demi setahap akan memudahkan pengontrolan. Jika terjadi kesalahan tidak akan melampaui bab, maksudnya jika terjadi kesalahan pada bab pertama, akan memudahkan untuk mengerjakan pada bab berikutnya, tapi jika dikerjakan borongan kesalahan bab pertama, berarti bab selanjutnya-pun akan mengalami revisi.

Penulisan karya ilmiah yang dilakukan secara bertahap lebih menghemat tenaga, energi, dan dana tentunya. Proses penulisan secara bertahap ini memungkinkan ide akan terjaga dengan baik dan bisa dikembangkan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Statistik Blog

  • 17,804 hits
%d blogger menyukai ini: